Antara sedeqah jariah, anak2 yg syoleh dan ilmu yg bermunafaat

image001

Judul: Inikah Keyakinan Kita?

Penulis: Nasir Makarim Syirazi

Penerbit Int’l: Amirulmukminin, Qom

Penerbit Indonesia: Almuammal

Halaman: 211 hlm

ISBN 978-979-25-0284-8

Membangun dasar yang rasional bagi keberagaman kita merupakan keniscayaan. Sebab, dalam memilih atau melakukan apapun, manusia membutuhkan alasan (yang logis tentunya) agar dapat konsisten dengan apa yang dipilih dan dilakukannya. Apalagi, dalam memilih dan bertaat dalam sebuah agama, yang bersangkut paut dengan hajat hidup yang memilki matra; dunia dan akherat.

Buku ini menyajikan kepada para pembaca dasar-dasar rasional dari bangunan agama Islam, yang tersimpul paling tidak dalam lima persoalan: Ketuhanan, Keadilan, Kenabian, Kepemimpinan dan Keakhiratan. Disamping persoalan-persoalan penting lain, buku ini memaparkan kelima fondasi Islam itu secara cerdas.

Image

Judul: Beginilah Wudhu Sang Nabi

Penulis: Ali Syahristani

Penerbit Int’l: Darul Masy’ar

Penerbit Indonesia: Almuammal

Halaman: 226 hlm

ISBN 978-979-25-0285-5

Ketika shalat diterima, maka seluruh amal ibadah akan diterima. Sebaliknya, tatkala shalat tidak diterima, maka seluruh amal ibadah tidak akan diterima. Salah satu syarat untuk diterimanya shalat seseorang adalah berwudhu dengan benar.

Lantas bagaimanakah wudhu yang benar? Kenapa sampai ada silang pendapat tentang tatacara wudhu, padahal setiap hari para sahabat melihat Nabi Muhammad saw berwudhu? Buku kecil ini mencoba untuk mengupas misteri di balik perselisihan itu.

Image

Judul: Ideologi Syiah Imamiyah

Penulis: Muhammad Ridho Al-Mudhaffar

Penerbit Int’l: Anshariyan, Qom

Penerbit Indonesia: Almuammal

Halaman: 219 hlm                         

ISBN 979-25-0281-5

 Bagi orang beragama, membangun keyakinan merupakan persoalan maha penting. Mengingat, kualitas dan keberhasilan keberagamaan seseorang ditentukan oleh ini. Akan tetapi, meraih peringkat “yakin” tidaklah semudah dibayangkan orang. Di samping memerlukan perjuangan diri (Jihad an-Nafs), pelik persoalannya sendiri secara rasional memerlukan ketekunan dan kesabaran. Dalam rangka banyak hal, keberhasilan dalam melumat keraguan diri sangat menentukan ketegaran ‘tunas keyakinan’ yang akan bertumbuh dalam diri seseorang.

Untuk tujuan di atas, buku yang ada di hadapan pembaca yang budiman ini terbilang istimewa dan langka. Istimewa, karena penulisnya berusaha membantu (tanpa harus menggurui) Anda dalam memupuk keyakinan terhadap persoalan dasar keberagamaan, semisal; Tauhid, Keadilan Ilahi, Kenabian, Kepemimpinan (pasca Rasul) dan Keakheratan (hari akhir). Langka, karena buku ini termasuk ‘buku serius’ tetapi disajikan secara sederhana, tanpa harus terkesan menyederhanakan (meremehkan) persoalan keagamaan yang adi luhung.

mengenal syiah

Judul: Mengenal Syiah

Penulis: Jakfar Hadi

Penerbit Int’l: –

Penerbit Indonesia: Almuammal

Halaman: 118 hlm

ISBN 979-25-0283-1

Syiah adalah sebuah mazhab dalam Islam yang selama ini lebih banyak disalah-artikan ketimbang dimengerti. Banyak tuduhan-tuduhan miring kerap dialamatkan kepada golongan yang mengaku mencintai Rasulullah saw dan keluarga (Ahlul Bayt) beliau ini. Sikap lapang dada, sabar, dan berlomba-lomba untuk menjadi hamba yang terbaik di hadapan-Nya mesti ditumbuhkan. Juga meneliti sebelum memberikan penilaian, adalah sikap ilmiah yang patut dikembangkan pula di tengah umat.

Buku kecil ini menjelaskan kepada pembaca tentang hakekat keyakinan-keyakinan Syiah secara obyektif. Sehingga pembaca yang budiman dapat mengenal hakekat Syiah yang sesungguhnya, tanpa tendensi negatif dari pihak-pihak yang tidak bertangungjawab dalam menebarkan isu-isu miring tentang Syiah.

Image

Judul        : Al-Mahdi antara Isu dan Fakta

Penulis     : Muhammad Baqir Al-Irwani

Penerbit Int’l    : Markazul Abhats Al-‘Aqoidiyah, Qom

Penerbit Indonesia: Almuammal

Halaman    : 96 hlm

Buku ini merupakan salah satu dari sejumlah rangkaian “Seri Seminar Teologi” yang telah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa. Buku ini berisikan bahasan seputar kelahiran Sang Imam Zaman (Imam Mahdi aj). Dengan sajian lugas serta bersahaja, penulisnya berupaya menjawab berbagai keraguan akan keberadaan Imam Mahdi as. 

Image

Judul       : Menyingkap Tabir Kebenaran

Penulis    : Ahmad Al-Wa’ili

Penerbit Int’l : Al-Ghadir, Beirut

Penerbit Indonesia: Almuammal

Halaman  : 100 hlm

ISBN 979-25-0280-7

Untuk mengetahui beberapa tudingan palsu terhadap mazhab Ahlul Bayt yang lebih dikenal dengan sebutan Syiah, sekaligus usaha menjawab semua fitnah dan dusta yang dilancarkan oleh beberapa oknum kepadanya, buku kecil ini kiranya sudah dapat mencukupi.

Buku ini mengulas secara ringkas dan padat namun berbobot dalam menjelaskan isu-isu miring tentang Syiah, serta menjelaskan secara ringkas hakekat keyakinan Syiah yang bersumber dari argumen-argumen yang kokoh. 

Image

Judul      : Risalatul Huquq

Penulis   : Imam Ali Zainal Abidin

Penerbit Int’l: Al-Muntazar

Penerbit Indonesia: Almuammal

Halaman : 63

Tidak dapat dielakkan bahwa antara hak dan kewajiban mempunyai hubungan yang sangat erat, yang tidak mungkin dipisahkan. Tanpa mengenal hak niscaya kita tidak akan sempurna dalam melaksanakan kewajiban, begitu juga sebaliknya. Padahal, fitrah manusia selalu menghendaki kesempurnaan, kesempurnaan dalam berbagai hal, termasuk dalam menjaga batasan-batasan hak dan kewajiban, baik yang berhubungan dengan diri maupun orang lain.

Atas dasar hal tersebut, buku kecil ini berusaha memaparkan kepada kita tentang hak-hak yang harus kita ketahui, demi terwujudnya pelaksanaan kewajiban yang ada di setiap pundak manusia. Buku tentang hak-hak ini menjadi lebih sempurna karena ia diterjemahkan dari ajaran salah seorang manusia sempurna dari keluarga suci Rasulullah saw, Imam Ali Zainal Abidin, putera Imam Husein bin Ali bin Abi Thalib.

Image

Judul      : Fikih Islam

Penulis   : Abdul Hadi Muhammad Taqi Hakim

Penerbit Int’l: Maktab Ayatullah Sayid Sistani, Qom

Penerbit Indonesia: Almuammal

Halaman  : 476 hlm

ISBN 979-25-0282-3

Dalam beragama, seseorang bergantung pada dua jenis pengetahuan: Akidah dan Syariat (sementara Akhlak merupakan hasil kombinasi atau perpaduan yang serasi keduanya). Namun, menurut as-Syahid Muhammad Baqir as-Shadr, dalam kehidupan beragama, pengetahuan seputar akidah hanya berkisar sepuluh persen. Sementara sisanya tercakup dalam pengetahuan syariat.

Buku ini kiranya hadir tepat waktu. Atas usaha kreatif saudara Abdul Hadi Muhammad Taqi Hakim, buku berisi kumpulan fatwa-fatwa (fikih) Ayatullah as-Sayid Ali as-Sistani ini menjadi lain dari biasanya dan tampak istimewa. Selain berusaha ‘mengawamkan’ beberapa istilah teknis fikih lewat uraian dan bahasa sederhana – namun tidak sampai melenceng dari substansinya-, saudara Abdul Hadi juga menyuguhkan bacaan fikih ini dalam bentuk cerita ringan dengan menampilkan para tokohnya dalam sebuah dialog interaktif. Maka jadilah buku fikih yang menjadi begitu ramah, santai, enak dibaca, sekaligus dapat dipahami seluruh lapisan pembacanya.

Tinggalkan Jawapan

Masukkan butiran anda dibawah atau klik ikon untuk log masuk akaun:

WordPress.com Logo

Anda sedang menulis komen melalui akaun WordPress.com anda. Log Out / Tukar )

Twitter picture

Anda sedang menulis komen melalui akaun Twitter anda. Log Out / Tukar )

Facebook photo

Anda sedang menulis komen melalui akaun Facebook anda. Log Out / Tukar )

Google+ photo

Anda sedang menulis komen melalui akaun Google+ anda. Log Out / Tukar )

Connecting to %s